Pertemuan Ke - 4
EVALUASI
C. MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN
1. Model Pembelajaran : Problem
Based Learning
2. Metode Pembelajaran : Diskusi
Kelompok, Tanya Jawab, Penugasan.
D. LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Ke – 1
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengucapkan salam dan menanyakan keadaan siswa
b. Dengan tanya jawab
guru memberikan appersepsi tentang
kata bunga dalam kehidupan sehari- hari.
c. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Guru bersama siswa membuat kesepakatan cara menentukan kelompok yang akan bertugas
mempresentasikan hasil diskusi
2. Kegiatan Inti
a. Siswa diajak berdiskusi tentang Pengertian bunga dan bunga tunggal
b. Dengan
contoh – contoh sederhana guru menjelaskan tentang cara menentukan
suku
bunga, besarnya bunga, dan lamanya waktu pinjam dalam perhitungan bunga tunggal dengan beberapa metode.
c. Siswa menyelesaikan perhitungan
bunga tunggal dalam kelompok ( tiap kelompok terdiri dari 4 -5 siswa ).
d. Kelompok terpilih sesuai kesepakatan
yang dibuat diawal pembelajaran
mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas dengan cara salah satu siswa
mewakili kelompoknya.
e. Guru membimbing siswa selama diskusi berlangsung dan memberi penguatan jika diperlukan
h. Dengan contoh – contoh sederhana
guru menjelaskan
tentang perbedaan
bunga dan diskonto
i. Guru memberi kesempatan siswa mencoba membuat soal sejenis dan memberi
tugas kepada siswa lain untuk menyelesaikannya ( 4-5 siswa ).
j. Guru
memberi soal latihan kepada siswa untuk diselesaikan di rumah
3. Kegiatan akhir
a. Guru bersama siswa membuat rangkuman
b. Guru mengingatkan agar siswa tidak lupa menyelesaikan tugas rumah dan
mempelajari materi selanjutnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar