Kompetensi
Keahlian : Tata Busana
Mata
Pelajaran : Matematika - Wajib
Kelas
/ Semester : X TB 2/ 1
Topik : Barisan dan Deret
Pertemuan
ke : 28
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti SMK Kelas X
KI 1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, pro-aktif, dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menenmpatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan
peradaban terkait penyebabfenomena dan kejadian serta menerapkan
pengetahuanprosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2.1 Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap
toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu menransformasikan diri
dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam
melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap
bertanggungjawab, rasa ingin tahu, jujur, dan perilaku peduli lingkungan.
3.8 Memprediksi pola barisan dan
deret aitmatika dan geometri atau barisan lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
3.8.2
Memahami rumus jumlah n suku pertama dari deret aritmetika
4.8 Menyajikan
hasil menemukan pola barisan dan deret dan penerapannya.dalam penyelesaian
masalah sederhana.
4.8.2
Terampil menggunakan rumus jumlah n suku pertama untuk menyelesaikan
soal/ masalah yang berhubungan dengan deret aritmetika.
C.
Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1. Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada deret aritmetika.
2. Menentukan jumlah n suku pertama dari deret aritmetika
D.
Materi Pembelajaran
a. Materi Pokok:
Deret Aritmetika
b. Materi Prasyarat:
Barisan aritmetika.
Materi
1. Deret aritmetika
Tidak ada komentar:
Posting Komentar