B.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Berdoa bersama mengawali pembelajaran (meminta
seorang siswa untuk memimpin doa).
·
Mengecek kehadiran
dan menanyakan kesehatan siswa.
·
Melakukan tanya jawab
tentang barisan aritmetika.
·
Memberikan penguatan
terhadap jawaban siswa atau memberikan scaffolding untuk menyelesaikan
masalah tersebut, apabila tidak ada siswa yang memberikan jawaban yang benar.
·
Siswa memperhatikan
gambaran tentang pentingnya memahami
pola barisan aritmetika yang disampaikan oleh guru. Misal,
apabila siswa terampil dalam materi barisan aritmetika, maka siswa akan mudah
dalam memahami deret aritmetika
·
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menentukan unsur-unsur yang terdapat pada deret aritmetika, dan menentukan
jumlah n suku pertama dari deret aritmetika
|
15 menit
|
Inti
|
Fase
1 : Orientasi siswa pada masalah
·
Siswa memperhatikan penjelasan Guru
tentang sebuah masalah yang berkaitan dengan deret
aritmetika dan mengajukan pertanyaan jika ada hal yang belum dipahami
terkait masalah yang disajikan.
·
Jika ada siswa yang belum paham,
guru mempersilakan siswa lain untuk memberikan tanggapan. Bila diperlukan,
guru memberikan bantuan secara klasikal melalui pemberian scaffolding.
Fase
2 : Mengorganisasikan siswa belajar
·
Meminta siswa membentuk kelompok
heterogen (dari sisi kemampuan, gender, budaya, maupun agama) sesuai
pembagian kelompok yang telah
direncanakan oleh guru.
·
Membagikan Lembar Aktivitas Siswa
(LAS) yang berisikan masalah dan langkah-langkah pemecahan serta meminta
siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.
Fase
3 : Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.
·
Guru berkeliling mencermati siswa
bekerja, membuat catatan kecil tentang berbagai kesulitan yang dialami siswa,
serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum
dipahami.
·
Guru memberi bantuan (scaffolding)
berkaitan kesulitan yang dialami siswa secara individu, kelompok, atau
klasikal.
·
Mendorong siswa agar bekerja sama
dalam kelompok.
Fase 4 :
Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya
·
Setelah waktu diskusi selesai,
guru meminta perwakilan satu kelompok untuk mempresentasikan hasil
diskusinya, dengan musyawarah.
·
Kelompok lain memberikan
tanggapan terhadap hasil diskusi yang sedang dipresentasikan dengan metode
tanya jawab.
·
Selama proses tanya jawab berlangsung,
guru meminta setiap siswa mendengarkan dan menghargai pendapat siswa lain,
mengajukan pertanyaan atau pendapat dengan mengacungkan tangan terlebih
dahulu, dan bertanggung jawab terhadap pendapatnya.
·
Guru meminta perwakilan kelompok
yang mempunyai cara atau hasil yang berbeda dengan kelompok sebelumnya untuk mempresentasikan
hasil diskusi kelompoknya.
·
Guru meluruskan pendapat atau
pertanyaan yang keluar dari pokok bahasan.
·
Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok
dan dengan tanya jawab, guru bersama siswa menyimpulkan tentang deret
aritmetika
·
Guru memberikan penguatan, penghargaan
atau apresiasi kepada kelompok atau individu yang telah berpartisipasi aktif
dalam proses diskusi dan presentasi.
|
60 menit
|
Penutup
|
Fase 5 : Menganalisis dan
mengevaluasi proses pemecahan masalah
·
Guru
membimbing siswa untuk melakukan refleksi dari proses pembelajaran yang
dilakukan.
·
.Guru memberikan tugas individu 2
untuk mengetahui pemahaman siswa tentang deret aritmetika
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan informasi awal tentang materi pelajaran pada pertemuan
berikutnya.
|
15 menit
|
A.
Alat dan Sumber Pembelajaran
Alat : LCD, Laptop
Sumber Belajar : Buku pegangan siswa kelas X mengacu
kurikulum 2013
LAS (Lembar Aktivitas Siswa)
A.
Penilaian
Teknik Penilaian : Pengamatan dan tes tertulis.
Prosedur Penilaian :
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Teknik Penilaian
|
Waktu Penilaian
|
1.
|
Sikap :
a.
Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.
Bekerja sama dalam kegiatan
kelompok.
c.
Toleran terhadap proses dan
penyelesaian pemecahan masalah yang berbeda.
|
Pengamatan
|
Selama proses pembelajaran berlangsung
|
2.
|
Pengetahuan :
a.
Menentukan unsur2 pada deret
aritmetika
b. Menyelesaikan soal-soal tentang deret aritmetika
|
Tugas
|
Penyelesaian individu
|
3.
|
Keterampilan :
Terampil
menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan
berkaitan dengan deret aritmetika
|
Pengamatan
|
Tugas Individu
|
TUGAS INDIVDU
1.
Tentukan unsur-unsur dari deret aritmatika berikut, kemudian tentukan jumlahnya!
72 + 66 + 60 + 54 + …
sampai dengan 16 suku!
2.
Tentukan jumlah deret aritmetika
berikut:
2 + 5 + 8 + 11 + … +
59!
Penyelesaian:
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar