KARTU SOAL SELEKSI CALON
JAWARA SMK
TINGKAT KABUPATEN NGANJUK
MATEMATIKA SMK
TAHUN PELAJARAN
2011 - 2012
KELOMPOK : Pariwisata, Seni dan Kerajinan, Teknologi Kerumahtanggaan,
Pekerjaan Sosial, Administrasi Perkantoran, Teknik dan Bisnis Manajemen
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Memecahkan masalah
berkaitan dengan konsep operasi bilangan real
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menerapkan operasi pada bilangan riil
|
MATERI
|
Perbandingan
|
INDIKATOR
|
Menggunakan konsep perbandingan berbalik nilai dalam penyelesaian masalah
bidang kejuruan
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa dapat menggunakan konsep
perbandingan berbalik nilai dalam penyelesaian masalah bidang kejuruan
|
Penyelesaian no.1
- Sisa waktu
sebelum berhenti = 30 – 9 = 21
- Sisa waktu
setelah berhenti = 30 – 9 – 6 = 15
Waktu Jumlah orang
21 10
15 x
15x = 210
x = 14
Jadi
banyaknya tambahan penjahit adalah 14 – 10 = 4 orang
Kunci :
A
|
1. Sebuah konveksi
harus menyelesaikan pesanan dalam waktu 30 hari dengan penjahit sebanyak 10
orang. Setelah dikerjakan 9 hari, karena sesuatu hal pekerjaan dihentikan
selama 6 hari. Jika kemampuan bekerja setiap orang sama dan proyek dapat
selesai tepat waktu, penjahit tambahan yang diperlukan adalah ………………
A. 4 orang
B. 6 orang
C. 11 orang
D. 14 orang
E. 15 orang
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Memecahkan masalah berkaitan
dengan konsep operasi bilangan real
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menerapkan konsep
logaritma
|
MATERI
|
Operasi pada
logaritma
|
INDIKATOR
|
Menentukan
nilai logaritma menggunakan
sifat-sifat operasi logaritma dan tanpa menggunakan tabel
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa dapat menentukan nilai logaritma suatu bilangan dengan menerapkan sifat-sifat operasi logaritma dan tanpa menggunakan tabel
|
Penyelesaian no. 2
Log 56 = log 8 . 7
= log 23 . 7
= 3 log 2 + log 7
= 3 . (0.3010) +
0,8451
= 0,9030 + 0,8451
= 1,7481
Kunci : D
|
2. Jika log 2 = 0,3010 dan log 7 = 0, 8451, maka nilai dari log 56 adalah …………………..
A. 1,0217
B. 1,0651
C. 1,7454
B. 1,7481
E. 2,5353
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Memecahkan masalah
berkaitan dengan konsep operasi bilangan real
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menerapkan operasi
pada bilangan irrasional
|
MATERI
|
Operasi pada bentuk
akar
|
INDIKATOR
|
Menyederhanakan
bentuk akar dengan menggunakan sifat-sifatnya
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa dapat menyederhanakan soal-soal bentuk akar dengan menggunakan sifat-sifatnya
.
|
Penyelesaian no. 3
= x
=
Kunci : E
|
3. Bentuk sederhana dari adalah
…………………..
A.
B.
C.
D.
E.
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Memecahkan masalah
berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menentukan himpunan
penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
|
MATERI
|
Persamaan dan
pertidaksamaan linier dan penyelesaiannya
|
INDIKATOR
|
Menentukan
penyelesaian persamaan linear satu variabel
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa dapat menentukan
penyelesaian persamaan linear satu variabel
|
Penyelesaian no. 4
3(2x – 4) – 2(x + 7) = 14
6x – 12 – 2x – 14 = 14
4x – 26 = 14
4x = 14 + 26
4x = 40
x = 10
Kunci : C
|
4. Nilai x yang memenuhi persamaan linear
3(2x – 4) – 2(x + 7) = 14 adalah …………………..
A. 7
B. 8
C. 10
D. 13
E. 40
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Memecahkan masalah
berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menerapkan
persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
MATERI
|
Penyelesaian
persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
INDIKATOR
|
Menentukan himpunan penyelesaian
pertidaksamaan kuadrat
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa dapat
menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
|
Penyelesaian no. 5
x2 + 3x – 4 0
x2 + 3x – 4 =
0
(
x + 4 ) ( x – 1 ) = 0
x + 4 = 0
atau x – 1 = 0
x =
-4 atau x = 1
bbbb+ ssss - +bbbb
-4 1
Jadi himpunan penyelesaiannya adalah { x │ x -4 atau x 1}
Kunci : D
|
5. Himpunan penyelesaian dari x2 + 3x – 4 0
adalah …………………..
A. { x │ x -4 atau x -1}
B. { x │ x -1 atau x -4}
C. { x │ x 4 atau x -1}
D. { x │ x -4 atau x 1}
E. { x │ x -1 atau x 4}
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Memecahkan masalah
berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menerapkan
persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
MATERI
|
Penyelesaian
persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
INDIKATOR
|
Menentukan hasil operasi akar-akar
persamaan kuadrat
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa dapat menentukan konstanta suatu persamaan kuadrat melalui operasi jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan
kuadrat
|
Penyelesaian no. 6
2x2
– 6x – 2k = 0
a =
2, b = -6, dan c = -2k
karena
akar-akar persamaannya , maka:
=
Sehingga15
(3)2 – 2 (-k) = 15
9 + 2k = 15
2k = 15 – 9
2k = 6
k = 3
Kunci : B
|
6. Persamaan kuadrat 2x2 – 6x – 2k = 0 mempunyai akar-akar persamaan . Jika
15, maka nilai k yang memenuhi adalah …………..
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Memecahkan masalah
berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menentukan himpunan
penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
MATERI
|
Akar-akar persamaan
kuadrat dan sifat-sifatnya
|
INDIKATOR
|
Menentukan hasil operasi
akar-akar persamaan
kuadrat
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa dapat menentukan nilai operasi jumlah akar-akar kuadrat dari persamaan
kuadrat
|
Penyelesaian no. 7
2x + 6x – 8 = 0
a = 2, b = 6, c = -8
karena akar-akar
persamaannya
x1 dan
x2, maka:
x1 + x2
=
x1 . x2
=
x12
+ x22 = (x1 + x2)2 – 2 x1 . x2
= (-3)2 – 2 (-4)
= 9 + 8
= 17
Kunci : E
|
7. Jika x1 dan x2
merupakan akar-akar persamaan kuadrat
2x + 6x – 8 = 0, maka nilai dari x12
+ x22 adalah ……………
A. -17
B. -1
C. 1
D. 12
E. 17
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Memecahkan masalah
berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menentukan himpunan
penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier
|
MATERI
|
Persamaan dan
pertidaksamaan linier dan penyelesaiannya
|
INDIKATOR
|
Menentukan penyelesaian
permasalahan pada sistem persamaan linear dua peubah
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa dapat menentukan penyelesaian permasalahan pada system persamaan linear dua peubah
|
Penyelesaian no. 8
Misal : buku = x
bulpen = y
Ana
: 5x + 2y = 17.500
Tyas : 3x + 2y = 12.900
2x =
4.600
x =
2.300
Untuk x = 2.300 maka
3x
+ 2y = 12.900
3(2.300)
+ 2y = 12.900
6.900 + 2y =
12.900
2y = 12.900 – 6.900
2y = 6.000
y = 3.000
Karena Rosa membeli 2 buku tulis dan 1 bulpen, maka
Rosa harus membayar
2x + y = 2 (2.300) + 3000
= 4.600 + 3.000
= 7.600
Kunci : C
|
8. Ana membeli 5 buku tulis dan 2 bulpen dengan
harga
Rp 17.500,-. Tyas membeli 3 buku tulis dan 2
bulpen membayar Rp 12.900,-. Jika Rosa membeli 2 buku
tulis dan 1 bulpen, maka uang yang harus dibayarkan adalah .............
A. Rp 9.600,-
B. Rp 8.300,-
C. Rp 7.600,-
D. Rp 6.900,-
E. Rp 6.700,-
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Memecahkan masalah
berkaitan dengan konsep matriks
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menyelesaikan
operasi matriks
|
MATERI
|
Operasi Matriks
|
INDIKATOR
|
Menentukan elemen matriks dan penyelesaian
operasi matriks
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa dapat menentukan elemen matriks dan nilai hasil operasi elemen matriks
|
Penyelesaian no. 9
2a + a = 6
3a = 6
a = 2
(3a + 4b) + 9 = 11
3(2) + 4b + 9 = 11
6+ 4b + 9 = 11
4b + 15 = 11
4b = 11 – 15
4b = -4
b = -1
(b – 3c) + 6 = 17
(-1) – 3c + 6 = 17
-3c + 5 = 17
-3c = 17 – 5
-3c = 12
c = -4
b – 2c = (-1) – 2 (-4)
= -1 + 8
= 7
Kunci : E
|
9. Diketahui + =
Maka nilai dari b – 2c
adalah ………………………….
A. -9
B. -4
C. -3
D. 3
E. 7
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Menyelesaikan
masalah program linear
|
KOMPETENSI DASAR
|
Membuat grafik
himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear
|
MATERI
|
Grafik himpunan
penyelesaian sistem pertidaksamaan liear
|
INDIKATOR
|
Menentukan sistem
pertidaksamaan linear dari grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan
linear
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa mampu menentukan sistem
pertidaksamaan linear dengan melihat grafik
|
Penyelesaian no. 10
garis k : 8x + 4y = 32 atau
2x + y = 8
garis l : x + y = 6
Karena
daerah penyelesaian diatas garis p dan di bawah
garis q, maka pertidaksamaannya adalah
daerah
penyelesaian tidak diarsir (ada di atas garis k dan garis l,
maka
pertidaksamaannya
adalah
2x + y 8, x + y 6 , dan
karena daerah penyelesaian di atas sumbu X maka, x,y 0
Kunci : A
|
10. Perhatikan gambar dibawah ini !
Daerah yang tidak diarsir merupakan penyelesaian
dari
suatu sistem pertidaksamaan
...........................
A.
2x
+ y 8, x + y 6, x 0, y 0
B.
2x
+ y 8, x + y 6, x 0, y 0
C.
2x
+ y 8, x + y 6, x 0, y 0
D.
2x
+ y 8, x + y 6, x 0, y 0
E.
2x
+ y 32, x + y 6, x 0, y 0
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Menyelesaikan
masalah program linear
|
||||||||||||||||
KOMPETENSI DASAR
|
Menentukan nilai
optimum dari sistem pertidaksamaan linear
|
||||||||||||||||
MATERI
|
Nilai optimum
|
||||||||||||||||
INDIKATOR
|
Menentukan nilai optimum berdasar fungsi
obyektif
|
||||||||||||||||
INDIKATOR SOAL
|
Siswa mampu menentukan nilai
maksimum dari fungsi obyektif
|
||||||||||||||||
Penyelesaian no. 11
f (x,y) = 75.000 x + 60.000 y
x
+ 2y = 10 x1
3x
+ y = 15
x2
x
+ 2y =
10
6x + 2y =
30
- 5
x = - 20
x
= 4
Untuk x = 4, maka x + 2y = 10
4 + 2y = 10
2y = 6
y = 3
*) Untuk titik A(5,0) maka
f(x,y) = 375.000
*) Untuk titik C(0,5) maka
f(x,y) = 300.000
*) Untuk titik E(4,3) maka f(x,y) = 480,000
Jadi keuntungan
maksimum
Penjahit adalah = Rp 480.000,00 –
(Rp 100.000,00 + 180.000,00)
= Rp 200.000,-
Kunci : C
|
11.
Seorang penjahit mempunyai persediaan
kain putih 10 m dan kain berwarna 15 m. Ia ingin membuat pakaian model
I dan model II. untuk pakaian model I memerlukan 1 m kain putih dan 3 m kain
berwarna , sedangkan untuk pakaian model II memerlukan 2 m kain putih dan 1 m
kain berwarna. Harga
beli kain putih Rp 10.000,00 dan kain berwarna Rp 12.000,00 Apabila harga jual pakaian model I Rp 75.000,00
dan pakaian model II
Rp 60.000,00. Keuntungan maksimum yang
diperoleh penjahit bila semua pakaian yang dibuat terjual habis adalah : ...
A. Rp100.000,00
B. Rp180.000,00
C. Rp200.000,00
D. Rp280.000,00
E. Rp480.000,00
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Menentukan
kedudukan jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam
ruang dimensi dua
|
KOMPETENSI DASAR
|
Menentukankan
keliling dan luas bangun datar
|
MATERI
|
Menerapkan perhitungan keliling dan luas bangun datar
untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
|
INDIKATOR
|
Menghitung luas bangun datar
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa dapat
menghitung luas
bangun datar untuk penyelesaian masalah
bidang kejuruan
|
Penyelesaian no. 12
Luas lantai = p x l
= 12 m × 8 m
= 96 m2
= 960.000 cm2
Luas ubin = ½ (a x t)
= ½ ( 5 x 12)
= 30 cm2
Jadi untuk dapat menutup lantai dibutuhkan ubin = 960.000 : 30
=
32.000
Kunci : C
|
12. Sebuah rumah dengan
lantai berukuran panjang 12 m × 8 m akan dipasang ubin marmer hias berbentuk segitiga siku-siku dengan panjang
alas 5 cm dan tinggi 12 cm, maka banyaknya ubin yang dibutuhkan untuk dapat
menutup lantai tersebut adalah .....
A. 960.000 buah
B. 320.000 buah
C. 32.000 buah
D. 96 buah
E. 32 buah
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
|
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam
pemecahan masalah
|
KOMPETENSI DASAR
|
Mengidentifikasi
pola barisan dan deret bilangan
|
MATERI
|
Pola
bilangan barisan dan deret
|
INDIKATOR
|
Menyelesaikan
permasalahan pada barisan dan deret aritmatika
|
INDIKATOR SOAL
|
Siswa dapat menentukan rumus suku ke-n dari suatu barisan bilangan
|
Penyelesaian no. 13
Dari
barisan bilangan
2 , 8 , 16 , ...
a = 2 ; b
= 6
.b
= 2 + ( n – 1 ) 6
= 2 + 6n – 6
= 6n – 4
Kunci: D
|
13. Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 2 , 8 , 14 , ... adalah .………………………
A.
Un = 2n + 4
B. Un = 2n – 2
C.
Un = 6n + 2
D.
Un = 6n – 4
E.
Un = 6n – 6
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR
KOMPETENSI
|
Menerapkan
konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menerapkan
konsep barisan dan deret
aritmetika
|
MATERI
|
Barisan dan deret aritmetika
|
INDIKATOR
|
Menyelesaikan permasalahan pada
barisan dan deret aritmatika
|
INDIKATOR
SOAL
|
Siswa dapat
menyelesaikan permasalahan kejuruan dengan menggunakan deret aritmetika
|
Penyelesaian no. 14
Dari soal dapat disimpulkan
a = Rp 1.000.000,00 ,
b = Rp 50.000,00 dan
n = 12.
Sn = ...?
Sn
= [ 2a + (n-1)b
]
S12 = [ 2 .
1.000.000 + (12-1) 50.000 ]
= 6 [ 2.000.000 + 11 .
50.000 ]
= 6 x (2.000.000 + 550.000 )
= 6 x 2.550.000
= 15.300.000
Jadi jumlah gaji
karyawan tersebut selama 1 tahun adalah Rp 15.300.000,00
Kunci :
E
|
14. Seorang
karyawan suatu perusahaan mendapat gaji pertama sebesar Rp 1.000.000,00
sebulan. Jika setiap bulan gajinya dinaikkan sebesar Rp 50.000,00 maka jumlah
gaji karyawan tersebut selama 1 tahun pertama adalah .................
A. Rp 1.825.000,00
B. Rp 1. 900.000,00
C. Rp 13.350.000,00
D. Rp 13.530.000,00
F.
E. Rp
15.300.000,00
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR
KOMPETENSI
|
Menerapkan
aturan konsep statistika
dalam pemecahan masalah
|
|||
KOMPETENSI
DASAR
|
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram
|
|||
MATERI
|
Diagram
|
|||
INDIKATOR
|
Menyajikan data dalam bentuk diagram
|
|||
INDIKATOR
SOAL
|
Siswa dapat menyelesaikan permasalahan pada
penyajian data yang berhubungan dengan diagram lingkaran
|
|||
Penyelesaian no. 15
Dari soal dapat disimpulkan
Biaya = Rp 500.000.000
Biaya produksi = Biaya – (B + C + D + E + F)
A =100% - (20+5+15+15+5)%
= 40%
A = Rp 500.000.000,- x 40 %
= Rp
200.000.000,00
Kunci : D
|
15. Perhatikan diagram lingkaran berikut :
Jika
biaya yang dikeluarkan sebuah perusahaan adalah sebesar Rp 500.000.000,00
maka besar biaya produksi adalah ..........
A. Rp
200.000,00
B. Rp 2.000.000,00
C. Rp 20.000.000,00
D. Rp
200.000.000,00
E. Rp
2.000.000.000,00
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR
KOMPETENSI
|
Menerapkan
aturan konsep statistika
dalam pemecahan masalah
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menentukan ukuran pemusatan data
|
MATERI
|
Mean
|
INDIKATOR
|
Menghitung ukuran pemusatan data
|
INDIKATOR
SOAL
|
Siswa dapat menghitung rata-rata data
berbobot untuk menentukan nilai x yang membuat rata-rata data berubah.
|
Penyelesaian no. 16
Dari soal dapat disimpulkan
, maka
dan untuk
Sehingga rata-rata
berubah menjadi
60 = 53,2
+ n
n = 60 – 53,2
n = 6,8
Kunci : E
|
16. Nilai rata-rata ulangan Matematika dari 7 siswa adalah 7,6. Jika digabung
dengan nilai ulangan seorang siswa bernama Ana, maka rata-ratanya menjadi
7,5. Nilai ulangan Ana adalah ........................
A. 7,60
B.
7,55
C.
7,50
D.
7,40
E.
6,80
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR
KOMPETENSI
|
Menerapkan
aturan konsep statistika
dalam pemecahan masalah
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menentukan ukuran pemusatan data
|
MATERI
|
Median
|
INDIKATOR
|
Menghitung ukuran pemusatan data
|
INDIKATOR
SOAL
|
Siswa dapat menghitung nilai tengah data
tunggal
|
Penyelesaian no. 17
Data
di urutkan sbb:
2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Median =
=
=
= 5,5
Kunci : B
|
17. Median dari data : 3, 5, 2, 7, 6, 9, 4, 8 adalah
...........................
A. 5
B. 5,5
C. 6
D. 6,5
E.7
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR
KOMPETENSI
|
Menerapkan
aturan konsep hitung keuangan
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menentukan bunga tunggal
|
MATERI
|
Bung tunggal
|
INDIKATOR
|
Menghitung lamanya waktu
pinjam
|
INDIKATOR
SOAL
|
Siswa dapat menghitung lamanya waktu pinjam
pada perhitungan bunga tunggal
|
Penyelesaian no. 18
Mo = Rp 1.000.000,00
b = 2%
B1 = Mo x b
= Rp 1.000.000,00 x 2%
= Rp 20.000,00
B = Rp 1.000.000,00
N =
N =
B = 50
Kunci : A
|
18. Pak Dasar
pinjam uang di Bank Mini Sekolah sebesar
Rp 1.000.000,00 dengan dikenakan suku bunga tunggal 2% per bulan.
Pinjaman pak Dasar menjadi 2 kali lipat setelah waktu …
A. 50 bulan
B. 40 bulan
C.25 bulan
D. 20 bulan
E. 10 bulan
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR
KOMPETENSI
|
Menerapkan
aturan konsep hitung
keuangan
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Menentukan nilai
penyusutan
|
MATERI
|
Penyusutan
|
INDIKATOR
|
Menghitung nilai penyusutan
|
INDIKATOR
SOAL
|
Siswa dapat menghitung nilai penyusutan
suatu aktiva
|
Penyelesaian no. 19
A = Rp 5.000.000,00
R = Rp 200.000,00
N = 6
D =
D =
D =
D = Rp 800.000,00
Kunci : D
|
19. Suatu
mesin seharga Rp 5.000.000,00 dengan taksiran umur manfaat 6 tahun mempunyai
nilai residu Rp 200.000,00. Besarnya penyusutan tiap tahun adalah …
A. Rp 200.000,00
B. Rp 400.000,00
C. Rp 600.000,00
D. Rp 800.000,00
E. Rp 1.000.000,00
|
KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR
KOMPETENSI
|
Menerapkan
aturan konsep statistika
dalam pemecahan masalah
|
||||||||||||||||
KOMPETENSI
DASAR
|
Menentukan ukuran pemusatan data
|
||||||||||||||||
MATERI
|
Modus
|
||||||||||||||||
INDIKATOR
|
Menghitung ukuran pemusatan data
|
||||||||||||||||
INDIKATOR
SOAL
|
Siswa dapat menghitung nilai yang sering
muncul (modus) data kelompok yang disajikan dalam tabel distribusi frekuensi
|
||||||||||||||||
Penyelesaian no. 20
Dari soal dapat disimpulkan
L = 154,5 ; i = 5 ;
d1 = 15 – 10 = 5 ;
d2 = 15 – 12 = 3
dan Mo = ...?
Modus = L +
= 154,5 +
= 154,5 + 3, 125
= 157,625
Kunci :
D
|
20. Data tinggi badan dari 50 siswa
disajikan dalam tabel distribusi
berikut ini!
Modus dari data tersebut adalah ........................
A. 147,625
B.
152,625
C.
157,330
D.
157,625
E. 158,00
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar