Selasa, 24 Desember 2013

rpp hitung keuangan (Lanjutan ke-4)


Pertemuan Ke - 4
EVALUASI
  
C.  MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
      1.   Model Pembelajaran   : Problem Based Learning
      2.   Metode Pembelajaran : Diskusi Kelompok, Tanya Jawab, Penugasan.

D.  LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

      Pertemuan Ke – 1

1.      Kegiatan Awal
a. Guru mengucapkan salam dan  menanyakan keadaan siswa
b. Dengan tanya jawab guru memberikan appersepsi tentang kata bunga dalam kehidupan sehari- hari.
c. Guru menyampaikan  tujuan pembelajaran
d. Guru bersama siswa membuat kesepakatan  cara menentukan kelompok yang akan bertugas mempresentasikan hasil diskusi

2.      Kegiatan Inti  
a.       Siswa diajak berdiskusi tentang  Pengertian bunga dan bunga tunggal
b.   Dengan contoh – contoh sederhana guru menjelaskan  tentang cara menentukan 
       suku bunga, besarnya bunga, dan lamanya waktu pinjam dalam perhitungan bunga tunggal dengan beberapa metode.
c.    Siswa menyelesaikan  perhitungan bunga tunggal dalam kelompok ( tiap kelompok terdiri dari 4 -5 siswa ).
d.  Kelompok terpilih sesuai kesepakatan yang dibuat diawal pembelajaran mempresentasikan hasil diskusi didepan kelas dengan cara salah satu siswa mewakili kelompoknya.
e.  Guru membimbing siswa selama diskusi berlangsung dan memberi penguatan jika diperlukan
h.  Dengan contoh – contoh sederhana guru menjelaskan  tentang perbedaan bunga dan diskonto
i. Guru memberi kesempatan siswa mencoba membuat soal sejenis dan memberi tugas kepada siswa lain untuk menyelesaikannya ( 4-5 siswa ).
j.   Guru memberi soal latihan kepada siswa untuk diselesaikan di rumah

3.      Kegiatan akhir
a. Guru bersama siswa  membuat rangkuman
b. Guru mengingatkan agar siswa tidak lupa menyelesaikan tugas rumah dan
    mempelajari materi selanjutnya

 

 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar