Selasa, 24 Desember 2013

RPP Deret Aritmetika (Bag 1)


Satuan Pendidikan        :    UPTD SMK Negeri 2 Nganjuk
Kompetensi Keahlian   :    Tata Busana
Mata Pelajaran              :    Matematika - Wajib
Kelas / Semester           :    X TB 2/ 1
Topik                             :    Barisan dan Deret
Pertemuan ke                :    28
Alokasi waktu               :    2 x 45 menit

A.      Kompetensi Inti SMK Kelas X
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, pro-aktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menenmpatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3: Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humanioradengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait penyebabfenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuanprosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar
1.1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2  Mampu menransformasikan diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3  Menunjukkan sikap bertanggungjawab, rasa ingin tahu, jujur, dan perilaku peduli lingkungan.
3.8  Memprediksi pola barisan dan deret aitmatika dan geometri atau barisan lainnya melalui     pengamatan dan memberikan alasannya.
3.8.2        Memahami rumus jumlah n suku pertama dari deret aritmetika
4.8     Menyajikan hasil menemukan pola barisan dan deret dan penerapannya.dalam penyelesaian masalah sederhana.
4.8.2        Terampil menggunakan rumus jumlah n suku pertama untuk menyelesaikan soal/ masalah yang berhubungan dengan deret aritmetika.

C.       Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran siswa dapat:
1.      Menentukan unsur-unsur yang terdapat pada deret aritmetika.
2.      Menentukan jumlah n suku pertama dari deret aritmetika

D.       Materi Pembelajaran
a.      Materi Pokok:
Deret Aritmetika
b.      Materi Prasyarat:
Barisan aritmetika.
Materi
1.      Deret aritmetika

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar