Selasa, 24 Desember 2013

rpp deret aritmetika (Bag 2)



B.       Kegiatan Pembelajaran 
 
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Berdoa  bersama mengawali pembelajaran (meminta seorang siswa untuk memimpin doa).
·         Mengecek kehadiran dan menanyakan kesehatan siswa.
·         Melakukan tanya jawab tentang barisan aritmetika.
·         Memberikan penguatan terhadap jawaban siswa atau memberikan scaffolding untuk menyelesaikan masalah tersebut, apabila tidak ada siswa yang memberikan jawaban yang benar.
·         Siswa memperhatikan gambaran tentang pentingnya memahami
pola barisan aritmetika yang disampaikan oleh guru. Misal, apabila siswa terampil dalam materi barisan aritmetika, maka siswa akan mudah dalam memahami deret aritmetika
·       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menentukan unsur-unsur yang terdapat pada deret aritmetika, dan menentukan jumlah n suku pertama dari deret aritmetika
15 menit
Inti
Fase 1 : Orientasi siswa pada masalah
·         Siswa memperhatikan penjelasan Guru tentang sebuah masalah yang berkaitan dengan deret aritmetika dan mengajukan pertanyaan jika ada hal yang belum dipahami terkait masalah yang disajikan.
·         Jika ada siswa yang belum paham, guru mempersilakan siswa lain untuk memberikan tanggapan. Bila diperlukan, guru memberikan bantuan secara klasikal melalui pemberian scaffolding.

Fase 2 : Mengorganisasikan siswa belajar
·         Meminta siswa membentuk kelompok heterogen (dari sisi kemampuan, gender, budaya, maupun agama) sesuai pembagian kelompok  yang telah direncanakan oleh guru.
·         Membagikan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang berisikan masalah dan langkah-langkah pemecahan serta meminta siswa berkolaborasi untuk menyelesaikan masalah.

Fase 3 : Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.
·         Guru berkeliling mencermati siswa bekerja, membuat catatan kecil tentang berbagai kesulitan yang dialami siswa, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya hal-hal yang belum dipahami.
·         Guru memberi bantuan (scaffolding) berkaitan kesulitan yang dialami siswa secara individu, kelompok, atau klasikal.
·         Mendorong siswa agar bekerja sama dalam kelompok.

Fase 4 : Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
·         Setelah waktu diskusi selesai, guru meminta perwakilan satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, dengan musyawarah.
·         Kelompok lain memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi yang sedang dipresentasikan dengan metode tanya jawab.
·         Selama proses tanya jawab berlangsung, guru meminta setiap siswa mendengarkan dan menghargai pendapat siswa lain, mengajukan pertanyaan atau pendapat dengan mengacungkan tangan terlebih dahulu, dan bertanggung jawab terhadap pendapatnya.
·         Guru meminta perwakilan kelompok yang mempunyai cara atau hasil yang berbeda dengan kelompok sebelumnya untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·         Guru meluruskan pendapat atau pertanyaan yang keluar dari pokok bahasan.
·         Siswa mengumpulkan hasil diskusi kelompok dan dengan tanya jawab, guru bersama siswa menyimpulkan tentang deret aritmetika
·         Guru memberikan penguatan, penghargaan atau apresiasi kepada kelompok atau individu yang telah berpartisipasi aktif dalam proses diskusi dan presentasi.
60 menit
Penutup
Fase 5  : Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
·         Guru membimbing siswa untuk melakukan refleksi dari proses pembelajaran yang dilakukan.
·         .Guru memberikan tugas individu 2 untuk mengetahui pemahaman siswa tentang deret aritmetika
·         Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan informasi awal tentang materi pelajaran pada pertemuan berikutnya.
15 menit

 
A.                Alat dan Sumber Pembelajaran
Alat                             : LCD, Laptop
Sumber Belajar            : Buku pegangan siswa kelas X mengacu kurikulum 2013
                                     LAS (Lembar Aktivitas Siswa)

A.                Penilaian
Teknik Penilaian          : Pengamatan dan tes tertulis.
Prosedur Penilaian       :
No
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Sikap :
a.       Terlibat aktif dalam pembelajaran.
b.      Bekerja sama dalam kegiatan kelompok.
c.       Toleran terhadap proses dan penyelesaian pemecahan masalah yang berbeda.

Pengamatan
Selama proses pembelajaran berlangsung
2.
Pengetahuan :
a.       Menentukan unsur2 pada deret aritmetika
b. Menyelesaikan soal-soal tentang deret aritmetika
Tugas
Penyelesaian individu
3.

Keterampilan :
Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan berkaitan dengan deret aritmetika

Pengamatan

Tugas Individu

 
TUGAS INDIVDU

1.      Tentukan unsur-unsur dari deret aritmatika berikut, kemudian tentukan jumlahnya!
 72 + 66 + 60 + 54 + sampai dengan 16 suku!
2.      Tentukan jumlah deret aritmetika berikut:
2 + 5 + 8 + 11 + … + 59!
Penyelesaian:
................................................................................................................
................................................................................................................
................................................................................................................















 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar