Minggu, 14 Oktober 2012

KARTU SOAL SELEKSI CALON JAWARA SMK


KARTU SOAL SELEKSI CALON JAWARA SMK
TINGKAT KABUPATEN NGANJUK
 MATEMATIKA SMK
TAHUN PELAJARAN 2011 - 2012
KELOMPOK : Pariwisata, Seni dan Kerajinan, Teknologi Kerumahtanggaan, Pekerjaan Sosial, Administrasi Perkantoran, Teknik dan Bisnis Manajemen

KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real
KOMPETENSI DASAR
Menerapkan operasi pada bilangan riil

MATERI
Perbandingan

INDIKATOR

Menggunakan konsep perbandingan berbalik nilai dalam penyelesaian masalah bidang kejuruan

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menggunakan konsep perbandingan berbalik nilai dalam penyelesaian masalah bidang kejuruan

Penyelesaian no.1
- Sisa waktu sebelum berhenti = 30 – 9 = 21

- Sisa waktu setelah berhenti = 30 – 9 – 6  = 15

Waktu         Jumlah orang
21                10
15                  x
15x = 210
             x = 14

Jadi banyaknya tambahan penjahit adalah 14 – 10 = 4 orang

Kunci : A
1. Sebuah konveksi harus menyelesaikan pesanan dalam waktu 30 hari dengan penjahit sebanyak 10 orang. Setelah dikerjakan 9 hari, karena sesuatu hal pekerjaan dihentikan selama 6 hari. Jika kemampuan bekerja setiap orang sama dan proyek dapat selesai tepat waktu, penjahit tambahan yang diperlukan adalah ………………
A. 4 orang
B. 6 orang
C. 11 orang
D. 14 orang
E. 15 orang



KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real

KOMPETENSI DASAR
Menerapkan konsep logaritma

MATERI
Operasi pada logaritma

INDIKATOR
Menentukan nilai  logaritma  menggunakan sifat-sifat operasi logaritma dan tanpa menggunakan tabel

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menentukan nilai logaritma suatu bilangan dengan menerapkan sifat-sifat operasi logaritma dan tanpa menggunakan tabel

Penyelesaian no. 2

Log 56 = log 8 . 7
          
             = log 23 . 7
           
             = 3 log 2 +  log 7
           
             = 3 . (0.3010) + 0,8451
           
             = 0,9030 + 0,8451
           
             = 1,7481          

Kunci : D
2. Jika log 2 = 0,3010 dan log 7 = 0, 8451, maka nilai dari log 56     adalah …………………..
A. 1,0217
B. 1,0651
C. 1,7454
B. 1,7481
E. 2,5353




KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep operasi bilangan real

KOMPETENSI DASAR
Menerapkan operasi pada bilangan irrasional

MATERI

Operasi pada bentuk akar

INDIKATOR
Menyederhanakan bentuk akar dengan menggunakan sifat-sifatnya

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menyederhanakan soal-soal bentuk akar dengan menggunakan sifat-sifatnya
.
Penyelesaian no. 3
= x

              =

           







Kunci : E



3. Bentuk sederhana dari adalah …………………..
A.

B.

C.

D.

E.




KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat

KOMPETENSI DASAR
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier

MATERI
Persamaan dan pertidaksamaan linier dan penyelesaiannya

INDIKATOR
Menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel

Penyelesaian no. 4

3(2x – 4) – 2(x + 7) = 14

6x – 12 – 2x – 14 = 14

4x – 26 = 14

4x = 14 + 26

4x = 40

x = 10

Kunci : C      
   
4. Nilai x yang memenuhi persamaan linear
      3(2x – 4) – 2(x + 7) = 14 adalah …………………..
A.  7
B. 8
C. 10
D. 13
E. 40


KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat

KOMPETENSI DASAR
Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

MATERI
Penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

INDIKATOR
Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan  kuadrat
Penyelesaian no. 5

x2 + 3x – 4  0

x2 + 3x – 4 = 0

     ( x  + 4 ) ( x – 1 ) = 0

x + 4 = 0  atau x – 1 = 0

      x = -4 atau x = 1

    bbbb+         ssss -            +bbbb
               -4                  1

Jadi himpunan penyelesaiannya adalah { x │ x  -4 atau x  1}                       
Kunci :  D   
5. Himpunan penyelesaian dari  x2 + 3x – 4  0
      adalah …………………..

A.  { x │ x  -4 atau x  -1}

B. { x │ x  -1 atau x  -4}

C. { x │ x  4 atau x  -1}

D. { x │ x  -4 atau x  1}

E. { x │ x  -1 atau x  4}

KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat

KOMPETENSI DASAR
Menerapkan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

MATERI
Penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

INDIKATOR
Menentukan hasil operasi akar-akar persamaan kuadrat

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menentukan konstanta suatu persamaan kuadrat melalui  operasi jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat

Penyelesaian no. 6

2x2 – 6x – 2k = 0
a = 2, b = -6, dan c = -2k

karena akar-akar persamaannya , maka:

 =

          


Sehingga15

 (3)2 – 2 (-k) = 15

9 + 2k = 15

2k = 15 – 9

2k = 6

k = 3

 Kunci : B
6. Persamaan kuadrat 2x2 – 6x – 2k = 0 mempunyai akar-akar      persamaan .  Jika   15, maka  nilai k yang memenuhi adalah …………..
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
E. 6



KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat
 
KOMPETENSI DASAR
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

MATERI
Akar-akar persamaan kuadrat dan sifat-sifatnya

INDIKATOR
Menentukan hasil operasi  akar-akar persamaan kuadrat

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menentukan nilai operasi jumlah akar-akar kuadrat dari persamaan kuadrat

Penyelesaian no. 7

2x + 6x – 8 = 0

a = 2, b = 6, c = -8

karena akar-akar persamaannya
x1 dan x2, maka:

x1 + x2 =

x1 . x2 =

x12 + x22 = (x1 + x2)2 – 2 x1 . x2

              = (-3)2 – 2 (-4)

              = 9 + 8

              = 17

Kunci : E     
   
7. Jika x1 dan x2 merupakan akar-akar persamaan kuadrat
      2x + 6x – 8 = 0, maka nilai dari x12 + x22 adalah ……………

A.  -17
B. -1
C. 1
D. 12
E. 17





KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linier dan kuadrat

KOMPETENSI DASAR
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier

MATERI
Persamaan dan pertidaksamaan linier dan penyelesaiannya

INDIKATOR
Menentukan penyelesaian permasalahan pada sistem persamaan linear dua peubah

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menentukan penyelesaian permasalahan pada system persamaan linear dua peubah
Penyelesaian no. 8

Misal : buku = x
            bulpen = y
  
    Ana  : 5x  + 2y  =  17.500
   Tyas : 3x  + 2y  =  12.900
              2x           =   4.600
                         x   =  2.300

   Untuk x = 2.300 maka
    3x  + 2y  =  12.900

    3(2.300)  + 2y  =  12.900

  6.900 +  2y  = 12.900

  2y  = 12.900 – 6.900

 2y = 6.000

 y = 3.000

Karena Rosa membeli 2 buku tulis dan 1 bulpen, maka Rosa harus membayar
2x + y = 2 (2.300) + 3000
           = 4.600 + 3.000
           = 7.600

Kunci : C

8. Ana membeli 5 buku tulis dan 2 bulpen dengan harga
Rp 17.500,-. Tyas membeli 3 buku tulis dan 2 bulpen  membayar     Rp 12.900,-. Jika Rosa membeli 2 buku tulis dan 1 bulpen, maka uang yang harus dibayarkan adalah .............
A. Rp 9.600,-
B. Rp 8.300,-
C. Rp 7.600,-
D. Rp 6.900,-
E. Rp 6.700,-


KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

STANDAR KOMPETENSI
Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks

KOMPETENSI DASAR
Menyelesaikan operasi matriks

MATERI
Operasi Matriks

INDIKATOR
Menentukan elemen matriks dan penyelesaian operasi matriks

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menentukan elemen matriks dan  nilai hasil operasi elemen matriks

Penyelesaian no. 9
2a + a = 6
3a = 6
  a = 2

(3a + 4b) + 9 = 11
 3(2) + 4b + 9 = 11
6+ 4b + 9 = 11
4b + 15 = 11
4b = 11 – 15
4b = -4
b = -1

(b – 3c) + 6 = 17
 (-1) – 3c + 6 = 17
-3c + 5 = 17
-3c = 17 – 5
-3c = 12
c = -4

b – 2c = (-1) – 2 (-4)
            = -1 + 8
            = 7

Kunci : E

9. Diketahui + =

Maka nilai dari b – 2c adalah ………………………….
A. -9
B. -4
C. -3
D. 3
E. 7




KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

STANDAR KOMPETENSI
Menyelesaikan masalah program linear

KOMPETENSI DASAR
Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear

MATERI
Grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan liear

INDIKATOR
Menentukan sistem pertidaksamaan linear dari grafik himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear

INDIKATOR SOAL

Siswa mampu menentukan sistem pertidaksamaan linear dengan melihat grafik

Penyelesaian no. 10
          
garis k : 8x + 4y   = 32 atau
              2x + y = 8
garis l : x + y = 6
                                                                      Karena daerah penyelesaian diatas garis p dan di         bawah garis q, maka pertidaksamaannya adalah
daerah penyelesaian tidak diarsir (ada di atas garis k dan garis l,
maka
pertidaksamaannya adalah
2x + y  8, x + y  6 , dan karena daerah penyelesaian di atas sumbu X maka, x,y  0
              
Kunci : A
10. Perhatikan gambar dibawah ini !
                                                                              
                                                 
                                            
                                          
           
Daerah yang tidak diarsir merupakan penyelesaian dari
suatu sistem pertidaksamaan ...........................

A.     2x + y  8, x + y  6, x  0,  y  0

B.     2x + y  8, x + y  6, x  0,  y  0

C.     2x + y  8, x + y  6, x  0,  y  0

D.     2x + y  8, x + y  6, x  0,  y  0

E.      2x + y  32, x + y  6, x  0,  y  0   
                             

KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
Menyelesaikan masalah program linear

KOMPETENSI DASAR
Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear

MATERI
Nilai optimum

INDIKATOR
Menentukan nilai optimum berdasar fungsi obyektif

INDIKATOR SOAL

Siswa mampu menentukan nilai maksimum dari fungsi obyektif

Penyelesaian no. 11

   Jenis
Bahan
Pakaian model I
Pakaian model II
Persediaan kain

x
y
Dalam meter
Kain putih
1
2
10
Kain berwarna
3
1
15

f (x,y) = 75.000 x + 60.000 y
     x  +  2y = 10            x1                          
   3x  + y    = 15                        x2        

                                                     
      x  +  2y  =  10   
     6x  +  2y  = 30
    - 5 x          =  - 20
                x   =  4

Untuk x = 4, maka x  +  2y = 10   
                  4  +  2y = 10
                          2y = 6
                                     y = 3


*) Untuk titik A(5,0) maka
 f(x,y) = 375.000

*) Untuk titik C(0,5) maka
 f(x,y) = 300.000                                                      
*) Untuk titik E(4,3) maka                                    f(x,y) = 480,000                                                      
Jadi keuntungan  maksimum                                      
 Penjahit adalah = Rp 480.000,00
(Rp 100.000,00 + 180.000,00)
                          = Rp 200.000,-

Kunci : C                                                                                                                                                                                                     
11. Seorang penjahit mempunyai persediaan  kain putih 10 m dan kain berwarna 15 m. Ia ingin membuat pakaian model I dan model II. untuk pakaian model I memerlukan 1 m kain putih dan 3 m kain berwarna , sedangkan untuk pakaian model II memerlukan 2 m kain putih dan 1 m kain berwarna. Harga beli kain putih Rp 10.000,00 dan kain berwarna Rp 12.000,00 Apabila harga jual pakaian model I Rp 75.000,00 dan pakaian model II Rp 60.000,00.  Keuntungan maksimum yang diperoleh penjahit bila semua pakaian yang dibuat terjual habis adalah : ...

            A. Rp100.000,00
            B. Rp180.000,00
         C. Rp200.000,00
         D. Rp280.000,00
         E. Rp480.000,00













KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

STANDAR KOMPETENSI
Menentukan kedudukan jarak dan besar sudut yang melibatkan titik, garis dan bidang dalam ruang dimensi dua

KOMPETENSI DASAR
Menentukankan keliling dan luas bangun datar

MATERI
Menerapkan perhitungan keliling dan luas bangun datar untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari

INDIKATOR
Menghitung luas bangun datar

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menghitung luas  bangun datar untuk penyelesaian masalah bidang kejuruan


Penyelesaian no. 12

Luas lantai  = p x l
                   = 12 m × 8 m
                  = 96 m2
                  = 960.000 cm2
Luas ubin = ½ (a x t)
                = ½ ( 5 x 12)
                = 30 cm2

Jadi untuk dapat menutup lantai dibutuhkan ubin = 960.000 : 30
                           = 32.000
 
Kunci : C

12.  Sebuah rumah dengan lantai berukuran panjang 12 m × 8 m akan dipasang ubin marmer hias berbentuk segitiga siku-siku dengan panjang alas 5 cm dan tinggi 12 cm, maka banyaknya ubin yang dibutuhkan untuk dapat menutup lantai tersebut adalah .....
A. 960.000 buah      
B. 320.000 buah      
C. 32.000 buah        
D. 96 buah  
E. 32 buah






KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah

KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi pola barisan dan deret bilangan

MATERI
Pola bilangan barisan dan deret

INDIKATOR
Menyelesaikan permasalahan pada barisan dan deret aritmatika
INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menentukan rumus suku ke-n  dari suatu barisan bilangan
Penyelesaian no. 13

Dari barisan bilangan
2 , 8 , 16 , ... 
a = 2 ; b = 6
 .b
     
       =  2 + ( n – 1 ) 6
    
       =  2 + 6n – 6
     
       = 6n – 4 

Kunci: D

13. Rumus suku ke-n dari barisan bilangan 2 , 8 , 14 , ...   adalah .………………………

A.                    Un = 2n + 4

B.              Un = 2n – 2

C.                    Un = 6n + 2

D.                    Un = 6n – 4

E.                     Un = 6n – 6  




KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah

KOMPETENSI DASAR
Menerapkan konsep barisan dan deret aritmetika

MATERI
Barisan dan deret aritmetika

INDIKATOR
Menyelesaikan permasalahan pada barisan dan deret aritmatika

INDIKATOR SOAL

Siswa dapat menyelesaikan permasalahan kejuruan dengan menggunakan  deret aritmetika

Penyelesaian no. 14

Dari soal dapat disimpulkan
a = Rp 1.000.000,00 ,
b = Rp 50.000,00 dan
n = 12.
Sn = ...?
Sn =  [ 2a + (n-1)b ]
  S12   = [ 2 .  1.000.000  +       (12-1) 50.000 ]
                                                           = 6 [ 2.000.000 + 11 . 50.000 ]
                                                              = 6 x (2.000.000 + 550.000 )
                                                              = 6 x  2.550.000
                                                             = 15.300.000                

Jadi jumlah gaji karyawan tersebut selama 1 tahun adalah Rp 15.300.000,00

Kunci :  E

14. Seorang karyawan suatu perusahaan mendapat gaji pertama sebesar Rp 1.000.000,00 sebulan. Jika setiap bulan gajinya dinaikkan sebesar Rp 50.000,00 maka jumlah gaji karyawan tersebut selama 1 tahun pertama adalah .................
       A. Rp 1.825.000,00
           
       B. Rp 1. 900.000,00

       C. Rp 13.350.000,00

       D. Rp 13.530.000,00

F.                       E. Rp 15.300.000,00          



KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah

KOMPETENSI DASAR
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram

MATERI
Diagram

INDIKATOR
Menyajikan data dalam bentuk diagram

INDIKATOR SOAL

  Siswa dapat menyelesaikan permasalahan pada penyajian data yang berhubungan dengan diagram lingkaran

Penyelesaian no. 15

Dari soal dapat disimpulkan

Biaya  = Rp 500.000.000
Biaya produksi = Biaya – (B + C + D + E + F)
A =100% - (20+5+15+15+5)%

    = 40%

A = Rp 500.000.000,- x 40 %

   = Rp 200.000.000,00                      

Kunci : D

15. Perhatikan diagram lingkaran berikut :



img087
 









   Jika biaya yang dikeluarkan sebuah perusahaan adalah sebesar Rp 500.000.000,00 maka besar biaya produksi adalah ..........
   A. Rp 200.000,00
   B. Rp 2.000.000,00 
   C. Rp 20.000.000,00
   D. Rp 200.000.000,00         
   E. Rp 2.000.000.000,00



KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah

KOMPETENSI DASAR
Menentukan ukuran pemusatan data

MATERI
Mean

INDIKATOR
Menghitung ukuran pemusatan data

INDIKATOR SOAL

  Siswa dapat menghitung rata-rata data berbobot untuk menentukan nilai x yang membuat rata-rata data berubah.

Penyelesaian no. 16
Dari soal dapat disimpulkan

, maka


dan untuk

  

Sehingga rata-rata berubah menjadi

           
60 = 53,2 + n

 n = 60 – 53,2 

n = 6,8
Kunci : E
16. Nilai rata-rata ulangan Matematika dari 7 siswa adalah 7,6. Jika digabung dengan nilai ulangan seorang siswa bernama Ana, maka rata-ratanya menjadi 7,5. Nilai ulangan Ana adalah ........................
      A. 7,60                 
      B. 7,55                              
      C. 7,50                 
      D. 7,40                 
      E. 6,80








  







KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah

KOMPETENSI DASAR
Menentukan ukuran pemusatan data

MATERI
Median

INDIKATOR
Menghitung ukuran pemusatan data

INDIKATOR SOAL

  Siswa dapat menghitung nilai tengah data tunggal

Penyelesaian no. 17

Data di urutkan sbb:
2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9

Median =

  
=

=


= 5,5


  Kunci : B



17. Median dari data : 3, 5, 2, 7, 6, 9, 4, 8 adalah ...........................
    A. 5             
    B. 5,5                                  
    C. 6                         
    D. 6,5                      
    E.7





  












KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan aturan konsep hitung keuangan

KOMPETENSI DASAR
Menentukan bunga tunggal

MATERI
Bung tunggal

INDIKATOR
Menghitung lamanya waktu pinjam

INDIKATOR SOAL

  Siswa dapat menghitung lamanya waktu pinjam pada perhitungan bunga tunggal

Penyelesaian no. 18

Mo = Rp 1.000.000,00

b   = 2%

B1 = Mo x b
   = Rp 1.000.000,00 x 2%
   = Rp 20.000,00

B = Rp 1.000.000,00

N =

N =

B = 50

  Kunci : A


18. Pak Dasar pinjam uang di Bank Mini Sekolah sebesar
   Rp 1.000.000,00 dengan dikenakan suku bunga tunggal 2% per bulan. Pinjaman pak Dasar menjadi 2 kali lipat setelah waktu …
A. 50 bulan              
B. 40 bulan               
C.25 bulan               
D. 20 bulan  
E. 10 bulan




  











KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan aturan konsep hitung keuangan

KOMPETENSI DASAR
Menentukan nilai penyusutan

MATERI
Penyusutan

INDIKATOR
Menghitung nilai penyusutan

INDIKATOR SOAL

  Siswa dapat menghitung nilai penyusutan suatu aktiva

Penyelesaian no. 19

A = Rp 5.000.000,00
R = Rp 200.000,00
N = 6

D =


D =

D =

D = Rp 800.000,00

  Kunci : D


19. Suatu mesin seharga Rp 5.000.000,00 dengan taksiran umur manfaat 6 tahun mempunyai nilai residu Rp 200.000,00. Besarnya penyusutan tiap tahun adalah …
      A. Rp 200.000,00 
B. Rp 400.000,00 
C. Rp 600.000,00 
D. Rp 800.000,00
E. Rp 1.000.000,00



  












KARTU SOAL
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA

STANDAR KOMPETENSI
Menerapkan aturan konsep statistika dalam pemecahan masalah

KOMPETENSI DASAR
Menentukan ukuran pemusatan data

MATERI
Modus

INDIKATOR
Menghitung ukuran pemusatan data

INDIKATOR SOAL

  Siswa dapat menghitung nilai yang sering muncul (modus) data kelompok yang disajikan dalam tabel distribusi frekuensi

Penyelesaian no. 20

Dari soal dapat disimpulkan

L = 154,5 ; i = 5 ;

d1 = 15 – 10  = 5 ;

d2 = 15 – 12 = 3

dan Mo = ...?

Modus = L +      

         
                                                   
            = 154,5 +

             = 154,5 + 3, 125

             =  157,625


  Kunci : D

20. Data tinggi badan dari 50 siswa disajikan dalam tabel distribusi  berikut ini!

Tinggi (cm)
f
145 – 149
5
150 – 154
10
155 – 159
15
160 – 164
12
165 – 169
6
170 – 174
2
50
    
         Modus dari data tersebut adalah ........................
       A. 147,625          
       B. 152,625                       
       C. 157,330          
       D. 157,625          
       E. 158,00









  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar